Resume

NAMA : MOHAMMAD FADIL

NPM : 20207724

KELAS : 3EB08


TUGAS III

Resume (Ringkasan)

  1. Judul : HUBUNGAN PEMAHAMAN SISTEM AKUNTANSI PEMERINTAH DAERAH DAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH DENGAN KINERJA SATUAN KERJA PERANGKAT DAERAH DI PROVINSI DKI JAKARTA

Resume:

Berdasarkan hasil penelitian maka disimpulkan bahwa ada hubungan antara pemahaman system akuntansi pemerintah daerah dengan pengelolaan keuangan daerah di Provinsi DKI Jakarta. Pemahaman terhadap system akuntansi pemerinntah daerah yang baik berhubungan dengan pelaksanaan pengelolaan keuangan daerah yang baik pula.

Pemahaman system akuntansi pemerintah yang baik oleh aparat yang berhubungan dengan kinerja aparat di Satuan Kerja Perangkat Daerah, artinya apabila pengelolaan keuangan daerah dikelola sesuai dengan system akuntansi pemerintah yang benar, maka dapat meningkatkan kinerja aparat di Satuan Kerja Perangkat Daerah. Sehingga kinerja yang berupa pelayanan kepada masyarakat dapat dirasakan manfaatnya. Kinerja (pelayanan public) juga dapat berdampak pada jangka menengah dan panjang pada masyarakat.

Sumber daya manusia yang paham akan konsep pengukuran kinerja masih kurang. Pejabat pemerintahan melakukan pengukran kinerja sesuai dengan petunjuk yang tersedia, hal ini lebih dikarenakan pengukuran kinerja dilakukan atas dasar kewajiban dari surat kebijaksanaan pemerintah pusat sehingga mau tidak mau unit kerja harus melaksanakan kewajiban tersebut.

Sejauh ini implementasi pengukuran kinerja merupakan kewajiban bagi instansi pemerintah daerah dalam rangka mewujudkan good governance. Meskipun demikian dorongan dan komitmen dari segala pihak diperlukan agar tercipta perubahan kearah yang lebih baik.

  1. Judul : HUBUNGAN ANTARA ANGGARAN, REALISASI ANGGARAN DAN TEMUAN PENGAWAS INTERNAL PADA INSTANSI PEMERINTAH

Resume:

    1. Kinerja anggaran dan kinerja realisasi anggaran msing-,asing satua kerja dari tahun 2006-2008 berfluktuasi. Hal ini disebabkan karena bervariasinya masing kegiatan pada stuan kerja tersebut.
    2. Temuan atas penyimpangan yang dilakukan oleh satuan kerja lebih banyak terjadi pada penerima dana dekon dan dana perbantuan dan setiap tahun ditemukan pada provinsi yang sama.
    3. Secara umum,jenis temuan mempunyai hubungan yang sangat erat terhadap jenis temuan lain (berkorelasi secara signifikan).
    4. Temuan yang dikelompokkan kedalam kode-kode temuan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap realisasi anggaran.
    5. Dalam melakukan tindak lanjut hasil temuan, terlihat bahwa satuan kerja belum sepenuhnya menyadari kewajiban dalam memenuhi rekomendasi yang diberikan oleh pengawas internal. Hal ini terlihat dari masih sedikitnya tindak lanjut yang dilakuakan oleh satuan kerja sehingga selama kurun waktu tiga tahun, temuan tersebut semakin bertambah. Idealnya temuan tersebut seharusnya semakin berkurang sehingga pada satu waktu tertentu menjadi temuan nol.

0 Responses

Posting Komentar

abcs