Abstraksi

NAMA : MOHAMMAD FADIL

NPM : 20207724

KELAS : 3EB08

TUGAS II

Buatlah Abstrak dari 2 judul Penelitian akuntansi

1. Judul : HUBUNGAN PEMAHAMAN SISTEM AKUNTANSI PEMERINTAH DAERAH DAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH DENGAN KINERJA SATUAN KERJA PERANGKAT DAERAH DI PROVINSI DKI JAKARTA

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja aparat SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) yang telah paham dengan akuntansi pemerintah daerah dan telah melaksanakan pengelolaan keuangan daerah. Meningkatnya permintaan terhadap pelayanan public mendorong pemerintah daerah untuk melaksanakan anggaran berbasis kinerja. Setiap biaya yang direncanakan harus dikaitkan dengan tingkat pelayanan public. Obyek penelitian ini adalah pejabat di SKPD di DKI Jakarta. Data yang digunakan adalah data primer, dengan variabel pemahaman system akuntansi pemerintah daerah, pengelolaan keuangan daeerah, dan kinerja SKPD. Alat analisis yang digunakan adalah uji validitas, reliabilitas, dan uji hubungan dengan chi square. Aplikasi computer menggunakan SPSS. Pemahaman system akuntansi pemerintah daerah yang baik dapat meningkatkan pengelolaan keuangan daerah dan kinerja SKPD.

2. Judul : HUBUNGAN ANTARA ANGGARAN, REALISASI ANGGARAN DAN TEMUAN PENGAWAS INTERNAL PADA INSTANSI PEMERINTAH

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk engetahui besarnya anggaran dan realisasi anggaran, jumlah temuan pengawas internal (yang dikelompokkan menjadi kode temuan 01-10) dan tindak lanjut penyelesaian satuan kerja tahun 2006-2008 di Instansi Pemerintah yang penulis teliti. Serta untuk mengetahui apakah kode temuan pengawas internal saling berkorelasi dan apakah terdapat pengaruh temuan pengawas internal dengan realisasi anggaran. Metode penelitian adalah dengan analisa deskriptif, Statistik Multivariat dengan analisa Metode Hierarchical Cluster serta Uji korelasi dan uji Regresi Berganda. Dari hasil penelitian tersebut, didapatkan bahwa kinerja anggaran masing-masing satuan kerja bervariasi dari tahun ke tahun. Penerima dana terbesar terdapat di Tingkat Pusat, sementara realisasi anggaran terbesar berada di Tingkat Provinsi. Jumlah temuan hasil pengawasan pengawas internal dari tahun 2006-2008 terus mengalami peningkatan dan merupakan akumulasi dari temuan yang belum ditindaklanjuti dari tahu sebelumnya. Dari hasil uji metode Hierarchical Cluster didapat bahwa temuan pengawas internal hamper selalu ditemukan pada provinsi yang sama yaitu penerima dana dekosentrasi dan dana perbantuan. Hasil uji korelasi didapat bahwa secara umum, terdapat hubungan(korelasi) secara signifikan diantara jenis temuan yang satudengan jenis temuan lainnyan(TM01 sampai dengan TM10). Hasil uji regresi didapat bahwa temuan 01 sampai 10 tidak berpengaruh terhadap realisasi anggaran.

0 Responses

Posting Komentar

abcs